Nox: Bermain Game Android Di Komputer

Artikel kali ini akan membahas mengenai Nox, salah satu emulator terbaru berbasis Android. Seperti emulator-emulator android lainnya, Nox memungkinkan kita menjalankan aplikasi android di komputer kita. Nox dibuat oleh sekumpulan programmer dari Hong Kong. Mereka bertujuan membuat software App player terbaik yang disukai oleh pengguna mobile App dan game di seluruh dunia.

Mengapa Menggunakan Nox?

Menurut pengalaman penulis, Nox berbeda dengan emulator-emulator android yang lain. Penulis sudah pernah mencoba beberapa emulator android. Misalnya emulator AVD bawaan Eclipse, emulator AVD bawaan Android Studio, emulator BlueStacks, dan emulator Genymotion. Dari pengalaman penulis, Nox adalah emulator yang cara installnya paling simpel, paling hemat RAM, dan yang paling penting menurut penulis adalah terasa paling ringan ketika dipakai. Ini membuat Nox sangat ideal untuk bermain game-game jaman now yang lumayan berat 😀

Cara menginstall Nox

Cara install Nox cukup mudah. Kita tinggal download di https://id.bignox.com/ , kemudian tekan tombol Unduh.

Unduh Emulator Nox

Penulis menggunakan laptop dengan OS Windows 10. Nox tersedia untuk OS Windows & Mac. Seharusnya proses instalasinya tidak jauh beda, antara di Windows dan di Mac. Setelah selesai mengunduh, jalankan file instalasinya. Penulis mendapat versi 6.0.2.0, yang dirilis tanggal 10 Januari 2018. Besar filenya 290 MB.

Kalau file instalasinya dijalankan, akan muncul jendela instalasi seperti ini. Kita tinggal mengklik tombol “Install” di tengah.

menginstall nox

Kemudian tunggu proses instalasinya sampai selesai. Penulis hanya menunggu kurang dari 1 menit, memakai laptop prosesor i7 & RAM 12GB.

Proses Instalasi Nox

Setelah proses instalasinya selesai, kita tinggal mengklik tombol Start untuk mulai menjalankan emulatornya. Jadi kita hanya perlu mengklik 2 tombol untuk menginstall & menjalankan Nox. Sangat efisien, bukan? He3..

Menjalankan Nox

Setelah mengklik tombol Start, ada proses untuk memulai emulatornya. Ini juga hanya berlangsung beberapa detik.

Nox mulai berjalan



Tutorial Penggunaan Nox

Kemudian ada 5 layar untuk tutorial penggunaannya. Tutorial ini hanya akan muncul ketika kita pertama kali menjalankan Nox. Berikut ini layar tutorial Nox yang pertama, menjelaskan fitur2 dasar Nox: Mengubah tema, mengelola resolusi tampilan, performa & shortcuts, mengakses fungsi getar, lokasi virtual dsb, shortcut layar rekomendasi app & game dan terakhir tombol-tombol utama yaitu Back, Home dan Recent tasks. Kita bisa mengklik bulatan ikon panah di kanan tengah untuk ke layar tutorial berikutnya.

tutorial pertama nox

Tutorial berikutnya menjelaskan fitur kontrol keyboard & mapping. Kita bisa memakai fitur ini untuk menggerakkan karakter2 ketika kita bermain game. Klik lagi bulatan di kanan untuk lanjut.

layar tutorial kedua nox

Layar tutorial ketiga menjelaskan fitur drag-drop file. Kita bisa menekan sambil menggeser file dari komputer ke jendela nox untuk membuat salinan file tersebut di nox.

layar tutorial ketiga nox

Layar tutorial ke-4 menjelaskan cara-cara instalasi aplikasi di emulator Nox. ada 3 cara. drag-drop apk nya, install dari google playstore, dan terakhir cari kemudian pilih file apk dari komputer.

layar tutorial nox ke-4

Tutorial terakhir menunjukkan banyak fitur Nox yang bisa kita akses cuma dengan mengklik ikon2 kecil di sebelah kanan. Fitur2 ini diantaranya adalah pengaturan lokasi virtual, fitur untuk merekam layar, mengambil screenshot, merotasi layar dan masih banyak lagi. Kemudian kita bisa mengklik tombol “Got It!” di bagian kanan bawah untuk mulai menggunakan Nox.

layar tutorial terakhir Nox

Akhirnya layar utama Nox muncul. Kita bisa memakai Nox untuk bermain game, menguji coba APK (untuk yang mengembangkan aplikasi android), bahkan selfie karena Nox bisa mengambil foto dengan memanfaatkan webcam di komputer / laptop kita, dengan aplikasi kamera di Nox.

layar utama Nox

Kesimpulan Mengenai Nox

Setelah memakai Nox selama beberapa hari, kesimpulan penulis mengenai emulator Nox adalah:
1. Nox lebih ringan jalannya dibandingkan emulator2 android lain yang ada saat ini.

2. Cara install Nox lumayan simpel.

3. Nox cocok untuk bermain game android di komputer

4. Satu-satunya kelemahan Nox menurut penulis adalah versi terbaru saat ini (ketika artikel ini ditulis), Nox masih hanya support OS Android Kitkat 4.4.2.

Demikian artikel pintar-android.com mengenai Nox. Anda bisa mengakses artikel-artikel lainnya di http://pintar-android.com/wordpress. Apakah Anda belum / sudah menggunakan Nox? Jika sudah, Anda bisa menulis pendapat di kolom komentar di bawah ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *